Saturday 24 August 2013

Terbagi Dua, Penumpang Menyusut

SAMPIT – Arus balik saat ini melalui Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) Sampit lebih sepi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan konsentrasi penumpang terpecah, selain turun melalui Pelabuhan Sampit para penumpang juga turun dari Pelabuhan Panglima Utar, Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

“Nampaknya penumpang sudah terbagi ke Pelabuhan Kumai, hal ini dikarenakan biasanya para penumpang khususnya para pekerja perkebunan biasanya mengikuti kepala regunya, sehingga kalau kapala regunya melalui Kumai maka anak buahnya ngikut. Selain itu mungkin akses ke perusahaan perkebunan memang lebih dekat dari Kumai. Cuma kita masih belmu bisa pastikan karena kita belum ada data-data perusahaan perkebunan,” jelas Senior Staff Komersial Pelindo III Sampit Firman Fahruraji, kemarin (20/8).

Jumlah penumpang yang telah turun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, melalui Pelabuhan Sampit cenderung mengalami penurunan. Namun pihak pelabuhan tetap mengantisipasi, pasalnya kemungkinan besar jumlah penumpang akan cukup banyak pada beberapa hari kedepan.
“Jumlah penumpang yang turun sampai dengan saat ini terhitung dari H+1 adalah 9.635 penumpang, sedangkan untuk tahun lalu tapi untuk sampai H+16 mencapai 18.672, hanya saja kita belum tahu, kita khawatirkan  seperti tahun kemarin pada H+6 mendadak  6.000 penumpang sekali turun,” ungkapnya.

Menurut data yang dihimpun dari pihak pelabuhan, untuk tren arus balik jumlah penumpang berdasarkan kota asal yaitu Semarang dan Surabaya, jumlahnya tidak jauh berbeda. Tahun lalu dari Semarang 8.827 sebanyak penumpang sedangkan dari Surabaya sebanyak 8.245 penumpang. Adapun jumlah penumpang yang telah naik tahun ini, sebanyak 41.149 penumpang yang naik dari dermaga Pelindo III Sampit.

Sumber Berita: http://www.radarsampit.net/berita-terbagi-dua-penumpang-menyusut.html#ixzz2cuBFPnen

No comments:

Post a Comment