Friday 23 August 2013

Pidato di Acara HUT PAN, Amien Rais: Ekonomi Kita Hancur-hancuran!

Jakarta - Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) Amien Rais menyampaikan pidato pada acara ulang tahun PAN ke-15. Dalam pidatonya, Amin menyinggung ekonomi Indonesia yang tidak berdaulat.

"Kita ini, maaf saya katakan, jadi bangsa jongos di rumah sendiri. Tidak ada kemandirian, kurang berkeadilan, ekonomi kita hancur-hancuran. Semua itu bukan karena konstitusi, tapi people behind constitution," kata Amien Rais dalam pidatonya di acara PAN di JCC, Jakarta, Jumat (23/8/2013).

Hadir dalam acara itu Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, Sekjen Taufik Kurniawan, dan seluruh pengurus DPP serta DPD PAN se-Indonesia. Hadir pula perwakilan pengurus parpol lain.

Keprihatinan itu berangkat dari pemikirannya atas bab 14 UUD 1945 pasal 33 dan 34. Ia menyebut bangsa Indonesia setelah 15 tahun lebih pasca reformasi, belum banyak yang dicapai karena tak mengaplikasikan UUD 1945.

"Mari jadikan agenda bangsa semua parpol kekuatan anak bangsa bagaimana supaya pasal 33 dan 34 itu bukan jadi aksara yang mati, tapi bagaimana mengejawantahkan jadi program yang dinikmati untuk kesejahteraan Indonesia," kata pendiri PAN itu.

"Karena itu saya berpesan, demokrasi sekarang menunjukkan perilaku aneh. Pemilik modal mengkooptasi kekuatan politik. Ini berbahaya!" lanjutnya.

Amien juga menyinggung Hatta yang tak lain juga sebagai Menko Perekonomian saat ini soal kondisi ekonomi negara. Ia berharap Hatta sebagai Menko bisa kembali pada UUD.

"Saya yakin mas Hatta punya jam terbang jauh sebagai Menko sudah proven dengan award negara asing. Ini sebuah celah yang bagus buat kita, mari kembali ke UUD," ucap mantan Ketua MPR itu.

"Saya katakan kepada Mas Hatta, anda punya ekonom-ekonom yang luar biasa, tolong buat blue print ekonomi yang kembali pada UUD. Insya Allah hari masih panjang," tegasnya.

No comments:

Post a Comment