Friday 23 August 2013

Kena Proyek Gedung Tertinggi Pertamina, Warga Minta Ganti Rugi Rp 30 Juta/Meter

Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan membangun gedung tertinggi di Indonesia di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Selain membeli lahan milik Bakrie, Pertamina pun membebaskan lahan milik warga sekitar. Berapa harga yang diminta warga?

Seorang warga sekitar bernama Rahman menuturkan, saat ini rata-rata tanah warga dihargai hingga Rp 17,5 juta/meter persegi, karena menurutnya kawasan ini merupakan kawasan strategis. Bahkan beberapa warga menuntut ganti rugi hingga Rp 30 juta/meter persegi.

"Kalau saat ini harganya Rp 17,5 juta. Tapi ada warga yang minta Rp 25-30 juta," kata Rahman kepada detikFinance, di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (23/8/2013).

Seorang warga lain mengakui, harga tanah di wilayah ini terus melonjak. Seiring dengan pembangunan beberapa menara tertinggi, dan gedung perkantoran, menjadikan kawasan tersebut sebagai kawasan strategis.

"Saat ini strategis, kemarin ini lahan tidur. Nggak ada yang nyolek," katanya.

Pada kesempatan yang sama, seorang warga lain yang akrab dipanggil Bu Haji menuturkan, dirinya pernah diminta untuk menjual tanahnya yang akan dilalui akses ke Gedung Pertamina nantinya, namun belum terjadi kesepakatan harga.

"Dia mintanya Rp 10 juta/meter persegi. Saya nggak mau, maunya berapa? saya ikut yang lain saja," katanya.

Sementara itu, salah seorang warga lainnya yang enggan disebutkan namanya menuturkan, akan dibuat jalan akses gedung yang akan diberi nama Pertamina Energy Tower. Akses gedung Pertamina akan dibangun di antara Gedung Bank Danamon dan Plaza Kuningan yang berdiri saat ini.

"Nanti dibangun jalan akses, antara Danamon sama Plaza Kuningan," katanya.

Ia mengaku sering mendengar kabar bahwa Pertamina akan membangun gedung yang sangat tinggi. Meski lokasi sudah ditentukan, namun pembangunan fisik belum belum dilakukan.

"Nanti mungkin nunggu akses dulu. Saya dengarnya bulan September mau dibangun, tapi kalau jalannya belum ada bagaimana," jelasnya.

Sementara itu, seorang warga lain bernama Ade mengungkapkan, rencana pembuatan jalan ini telah digaungkan sejak lama. Tak tahu kapan waktu pastinya, namun menurutnya, Group Bakrie telah merencanakan membuat jalan tersebut.

"Iya mau dibangun jalan katanya Bakrie, tapi belum jadi-jadi udah lama," kata Ade.

Gedung Pertamina Energy Tower gadang-gadang bakal menjadi yang tertinggi di Jakarta dan di Indonesia. Rencananya akan dibangun 99 lantai, jika terealisasi bakal mengalahkan tinggi Petronas Tower di Malaysia dengan jumlah lantai hanya 88 lantai setinggi 452 meter.

Namun hingga kini tinggi pasti gedung Pertamina Energy Tower masih belum diketahui walaupun rencana awal hanya akan dibangun 80 lantai dengan tinggi 400 meter.

No comments:

Post a Comment