Monday 26 August 2013

Kapasitas Landasan Soekarno-Hatta Penuh, 170 Pesawat Asing Ditolak Mendarat

Denpasar - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengungkapkan saat ini kapasitas landasan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten sudah tidak mampu lagi melayani tambahan pesawat yang akan mendarat. Akibatnya ada sekitar 170 pesawat dari luar negeri terpaksa ditolak mendarat di Soetta selama tahun ini.

"Kapasitas landasan pesawat Bandara Soetta sudah tidak cukup lagi dan sangat mendesak harus ditambah," ujar Dahlan dalam kunjungannya ke Bali untuk melakukan pengecekan proyek perluasan Bandara Ngurah Rai dan Tol Atas Laut, di Bali, Minggu (25/8/2013).

Alasannya karena di Soetta, dalam 1 jam ada sekitar 60 pesawat yang mendarat pada saat periode 3-4 bulan lalu.

"Saat ini dalam satu jam ada 69 pesawat yang mendarat di dua landasan pesawat di Soetta, dan sudah tidak ada slot tambahan lagi," ungkap Dahlan.

Akibat tidak ada slot tambahan lagi, sepanjang tahun ini ada 170 pesawat dari luar negeri yang ingin masuk ke Indonesia melalui Soetta tidak bisa masuk.

"Apalagi saking penuhnya ada 170 pesawat dari luar negeri yang tidak bisa masuk mendarat di Soetta, ya terpaksa kita tolak karena sudah tidak ada slot tambahan," katanya.

Dahlan meminta kepada Adhi Karya untuk segera melakukan studi pembangunan landasan pesawat baru atau landasan ke-3 di Bandara Soetta yang jarakya 8 Km dari Soetta dan terletak di atas laut atau pinggir pantai utara Jakarta.

Dahlan meminta Adhi Karya segera menyelesaikan studi proyek landasan pesawat di atas laut minimal dalam dua minggu.

No comments:

Post a Comment