Monday 26 August 2013

Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan sering roadshow alias blusukan ke berbagai daerah. Misalnya pekan ini ia keliling ke 7 daerah khususnya di wilayah Indonesia Timur, apa alasan Dahlan?

"Alasan kenapa saya sering berkunjung di daerah tujuannya agar dapat melihat secara langsung kondisi daerah tersebut," kata Dahlan ketika berbincang di Hotel Jayakarta, Labuhan Bajo, NTT, Minggu (25/8/2013).

Dikatakan Dahlan, dirinya tidak bisa hanya melihat dan membaca laporan terhadap kondisi suatu daerah. "Saya nggak bisa cuma baca dari laporan, harus lihat langsung," ucapnya.

Menurutnya dengan terjun langsung, ia bisa mencari cara bagaimana jalan keluar suatu daerah agar keluar dari daerah tertinggal, bagaimana cara agar masyarakatnya keluar dari garis kemiskinan.

"Kalau kita berkunjung langsung, kita bisa tahu benar bagaimana cara mencari solusi agar suatu daerah tidak lagi menjadi daerah tertinggal, bagaimana masyarakatnya bisa keluar dari kemiskinan," ucapnya.

Dalam lawatannya, Dahlan sempat berdialog dengan Bupati Pulau Rote Ndau NTT, Leonard Haning agar Rote Ndau bisa mandiri, swasembada pangan hanya dibutuhkan 3 buah bendungan air untuk memasok kebutuhan petani.

"Pak Bupati menjamin jika ada 3 bendungan air di Rote Ndau, daerah tersebut akan terlepas dari statusnya sebagai daerah tertinggal, 3 bendungan biayanya hanya Rp 45 miliar, bisa kita bantu itu dari BUMN, cuma Rp 45 miliar masih kecil tapi dampaknya daerah tersebut jadi berkembang, masyarakatnya bisa sejahtera. Itulah manfaatnya kalau kita lihat langsung ke daerah," tandas Dahlan.

No comments:

Post a Comment