Monday 19 August 2013

Irak Juga Dukung Tindakan Aparat Mesir terhadap Demonstran Pro-Morsi

Baghdad, - Pemerintah Irak juga mendukung tindakan keras yang dilakukan aparat Mesir terhadap para demonstran pendukung presiden terguling Mohamed Morsi. Sikap pemerintah Irak ini mengikuti sikap pemerintah Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Bahrain.

Perdana Menteri (PM) Irak Nuri al-Maliki mendesak semua pihak untuk mengendalikan diri namun dia mendukung pemerintah interim Mesir. Menurutnya, langkah-langkah yang diambil aparat Mesir terhadap demonstran pro-Morsi merupakan upaya untuk menerapkan hukum dan ketertiban.

"Kami sangat mendukung pemerintah Mesir dalam langkah-langkahnya untuk menerapkan aturan hukum dan mengembalikan keamanan dan perdamaian di seluruh Mesir," tegas Maliki dalam statemennya seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (19/8/2013).

Menurut Maliki, krisis yang terus berlangsung di Mesir merupakan "konspirasi yang menargetkan keinginan rakyat Mesir". Maliki pun mengimbau kelompok-kelompok politik di Mesir untuk ambil bagian dalam dialog guna mencegah perpecahan sektarian.

Negara-negara Arab seperti Saudi, Uni Emirat Arab dan Bahrain telah terang-terangan mendukung tindakan yang diambil pemerintah Mesir terhadap para demonstran pro-Morsi. Negara-negara tersebut bahkan mengajak seluruh bangsa Mesir untuk bersatu melawan upaya-upaya untuk mendestabilkan negeri itu.

No comments:

Post a Comment