Friday 30 August 2013

Inilah Penyebab Laba PTBA Turun pada Semester I

INILAH.COM, Jakarta - Manajemen PT Tambang Bukit Asam Tbk (PTBA) menyatakan alasan perseroan mengalami penurunan laba di semester I-2013 dibandingkan periode ditahun sebelumnya, karena harga jual batu bara yang turun.

"Harga batubara untuk ekspor semester pertama tahun ini turun bahkan sampai indek harga batubara mencapai US$76 per ton. Kalau tahun lalu kan masih tinggi dari ini," kata Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk, Milawarma saat temu media di kantornya, Jakarta, Jumat (26/7/2013).

Harga jual domestik, kata Milawarma, juga mengalami penurunan 18% menjadi Rp611 ribu per ton. Penurunan harga ini disebabkan beberapa faktor, seperti kondisi pasar batubara yang mengalami penurunan indek harga mencapai 20% dan basis penjualan ke PT Indonesia Power yang sebelumnya CIF menjadi FOB. "Lalu penetrasi pasar batubara kualitas mediaum (4.500 cal/Kg) yang berkontribusi turunnya harga jual rata-rata," tutur Milawarma.

Akibat kondisi inilah membuat perseroan di semester pertama 2013 membukukan pendapatan yang lebih kecil dari tahun sebelumnya yakni Rp5,43 triliun atau turun 6%. Sedangkan perolehan laba turun sebesar 44,06% menjadi Rp870,12 miliar.

No comments:

Post a Comment