Saturday 24 August 2013

Blibli.com – Konsep Baru Belanja Online

Berbelanja lewat internet bukan konsep baru. Blibli.com menawarkan sesuatu yang berbeda, menghadirkan ekosistem e-commerce. Penasaran?
Dua tahun terakhir, pertumbuhan internet di Indonesia berkembang sangat cepat. Dengan estimasi ratusan juta orang mengakses internet mulai dari sekadar mencari informasi, berkomunikasi, interaksi hingga sampai berbelanja. Berbelanja lewat internet, atau online shopping, kini sudah menjadi hal yang biasa.

Sayangnya, di Indonesia masih banyak kendalanya, seperti keamanan transaksi, kualitas barang yang dijual, dan kredibilitas penjual atau toko online. Seringkali niat belanja diurungkan hanya karena masalah teknis, atau kurang kepercayaan antara pihak pembeli dan penjual.

Melihat hal ini, PT Global Digital Niaga (GDN) meluncurkan Blibli.com pada 25 Juli lalu. Mal online yang menawarkan pengalaman belanja yang “Fun, Mudah, dan Bebas”. GDN merupakan salah satu anak perusahaan PT Global Digital Prima, afiliasi Djarum Group yang bergerak di bisnis internet dan digital. GDN didirikan awal 2010 dan Blibli.com adalah produk pertama GDN.
"Tim kami orang-orang yang passionate, dinamis, skillful, dan punya latar belakang dan pengalaman beragam. Kami percaya human resources aset penting untuk keberhasilan perusahaan. Kami aktif encourage dan menyediakan kesempatan semua team member untuk menambah wawasan, skill and knowledge di bisnis ini," ujar Kusumo Martanto, CEO Blibli.com pada eksekutif.
Kusumo, yang lama berkarier di luar negeri ini menambahkan, “Blibli.com adalah mal online yang menawarkan pengalaman belanja yang mudah, fun, dan bebas, membuat kehidupan lebih baik bagi next generation shopper. Mereka menggunakan internet tidak saja untuk belanja, tapi juga untuk sosialisasi, menggali informasi, dan mengekspresikan dirinya.”
Konsumen bebas berbelanja dengan mudah dan fun, tanpa khawatir keamanan transaksi online. “Blibli.com menciptakan e-commerce ecosystem, terbentuk dari kerjasama antara Blibli.com dengan teknologi provider kelas dunia, banking partner terkemuka, dan mitra logistik terpercaya serta merchant partners berkualitas untuk menghasilkan sistem back-end yang kuat, terpercaya, dan kredibel,” papar Kusumo lebih lanjut. Target yang disasar Blibli.com adalah masyarakat Indonesia. "Tetapi kami fokus ke generasi muda Indonesia yang terbiasa berinternet, dari pelajar, mahasiswa, profesional, maupun keluarga muda," lanjutnya.
Boleh dibilang generasi yang disasar Blibli.com adalah generasi milenium kedua, yaitu milik generasi Y. Generasi ini keturunan dari generasi baby boomers, sebelumnya, adalah generasi yang punya ciri melek teknologi multimedia. Ciri lainnya: membangun keluarga dengan maksimal dua anak. Di Indonesia generasi ini di kelas menengah dan melakukan sosialisasi di jejaring sosial mulai dari Facebook, twitter, hingga Blackberry.
Dengan penghasilan dua digit (juta rupiah), kian hari generasi ini kian condong ke perilaku belanja melalui dunia maya. Mereka meninggalkan gaya belanja offline langsung mendatangi gerai di pusat belanja. Dengan penguasaan teknologi informasi, mereka kian terbiasa berbelanja online. Generasi ini makin memanfaatkan piranti IT untuk memesan dan memberi barang. Tinggal klik, bayar, barang pun tiba di tempat. Pasar untuk generasi ini di Indonesia sangat besar dan terbuka lebar.
Konsep Beda
Dengan penuh semangat Kusumo menjelaskan, Blibli.com menawarkan konsep berbeda dengan situs belanja online yang ada sekarang. “Kami position ourselves as e-commerce ecosystem. Mulai dari desain tampilan, fitur-fitur, maupun yang akan kami luncurkan. Produk-produk kami asli dan berkualitas, baik brand impor maupun lokal. Fasilitas pembayaran yang beragam dan aman, pengiriman yang terjamin sampai dengan customer care (phone, chatting, email) yang siap membantu consumer dapat pengalaman belanja online menyenangkan. Kami juga punya experts corner yang menyediakan artikel, tips, dan review bagi para consumers," tutur Kusumo berpromosi.

Pria yang ramah ini menambahkan, kelebihan lainnya: “Kenyamanan, keamanan dan service selalu kami tekankan. Blibli.com juga menawarkan berbagai program dan promo menarik. Misalnya, program happy hunting, weekend deals & free shipping, dan cicilan 0% yang sedang berjalan,” urai Kusumo.

Tekonologi Blibli.com menggunakan e-commerce platform dari perusahaan teknologi terkemuka di dunia yang sudah terbukti dan dipakai oleh world top e-commerce sites. “Selain itu, kami terus berinovasi dengan membangun sistem teknologi pendukung untuk mewujudkan visi Blibli.com,” katanya.

Tentang investasi Kusumo enggan menyebut berapa. “Cukup signifikan dan perusahaan berkomitmen terus berinvestasi dalam pengembangan Blibli.com dan lini bisnis Global Digital Niaga,” paparnya.

Pasar Indonesia
Pasar e-commerce di Indonesia peluangnya sangat besar karena pengguna internet bisa berlipat lebih dari 45 juta per tahun. “Kami melihat dunia e-commerce Indonesia cukup pesat berkembang dua tahun terakhir ini. Sebagai pemain di e-commerce business, kami mengharapkan perkembangan broadband infrastruktur dan sektor pendukung lain seperti perbankan dan logistik harus terus ditingkatkan,” ungkapnya.

Dalam pemasarannya Blibli.com memakai bermacam cara, dari word-of-mouth, media online, media cetak, dan, tentu, social media seperti facebook dan twitter. “Kami punya 200 lebih merchants, kami kewalahan menerima request atau inquiry dari calon merchant partner baru. Mereka mendapat referensi dari merchant yang sudah ada,” jelasnya.

Angga Puradiredja, vokalis MALIQ & D'Essentials sekaligus pemilik Organic Records mengatakan, “Ini gebrakan out of the box karena menawarkan pengalaman berbeda bagi konsumen. Barang-barang yang disediakan pun yang original. Ini sejalan dengan nilai anti piracy yang kami usung sebagai pelaku di bisnis musik.”

Melihat banyaknya kompetitor di bisnis serupa, Kusumo mengatakan itu normal. “Tanpa kompetitor ujung-ujungnya yang dirugikan konsumen. Kami percaya Blibli.com dapat memberi layanan terbaik, value-added services, dan menciptakan pengalaman belanja online yang menyenangkan. Sama halnya pelayanan kami ke merchant partners yang di Blibli.com,” ujarnya seraya mengutip misinya: menyediakan best e-commerce experience for a better life. (Nurul L. Irfan)

No comments:

Post a Comment