Saturday 24 August 2013

Blibli.com, Belanja Online Serasa Mall

Berbelanja lewat internet memang bukan lagi konsep bagi masyarakat Indonesia. Namun Blibli.com mencoba menawarkan sesuatu yang berbeda dengan menghadirkan sebuah ekosistem e-commerce yang memungkinkan konsumen berbelanja seperti layaknya di mall.
Blibli.com sendiri tak ubahnya mal online yang menawarkan bermacam-macam produk kepada konsumen mulai dari produk fashion, hiburan, alat-alat rumah tangga hingga gadget dari merek ternama.

Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto menegaskan situsnya memiliki model bisnis yang berbeda dengan toko online pada umumnya. Karena Blili.com tidak hanya berperan sebagai etalase toko, tapi juga menyediakan seluruh ekosistem yang dibutuhkan untuk toko online seperti sistem pembayaran yang aman, pengiriman barang, hingga layanan call center untuk memudahkan konsumen mendapatkan informasi seputar produk ataupun bertransaksi.

"Kendala perkembangan e-commerce di Indonesia saat ini tidak lepas dari kekhawatiran konsumen terhadap kualitas produk, reputasi situs hingga pengiriman barang dan pembayaran. Blibli.com mencoba menjawab tantangan itu dengan menawarkan produk yang sudah teruji kualitasnya," jelas Kusumo seperti dikutip dari Okezone.

"Selain itu, kami juga didukung oleh back-end yang kuat untuk menunjang kegiatan transaksi, seperti bank terkemuka untuk menangani pembayaran atau jasa pengiriman barang yang sudah terpercaya," lanjutnya.

Sebenarnya, Blibli.com sudah mengadakan soft launch pada 2 Mei lalu, namun mereka baru akan benar-benar memperkenalkan situs ini kepada publik 25 Juli mendatang. Head of Marketing Ivan W Hudyana menyatakan pihaknya menerima respon yang positif dari pengunjung situs mereka.

"Sejak 2 Mei lalu, kami sudah mencatat lebih dari 100 ribu visitor di situs kami. Hal ini cukup membanggakan mengingat kami sama sekali tidak mengeluarkan biaya sepeser pun untuk promosi di media tradisional seperti televisi atau iklan cetak. Kami melakukan promosi sepenuhnya melalui online seperti social media, atau dengan word-of-mouth," papar Ivan.

Ivan mengklaim hingga kini Blibli.com sudah menggandeng lebih dari 100 merchant sebagai mitranya. Beberapa merek ternama yang sudah tercatat sebagai merchant diantaranya adalah Batik Danar Hadi, Era Phone, Bali Alus hingga Harley Davidson.

Konsumen Blibli.com bisa memilih beberapa opsi pembayaran dalam melakukan transaksi, mulai dari debit (khusus untuk pemegang kartu debit BCA dan Mandiri), kartu kredit, virtual account hingga internet banking. Kusumo menjelaskan bahwa pihaknya belum menyediakan opsi cash on delivery (COD) karena ingin memastikan transaksi yang aman baik bagi konsumen maupun merchant.

No comments:

Post a Comment