Wednesday 28 August 2013

BI Gelar RDG Dadakan, Agus Marto Bantah Situasi Ekonomi Genting

Jakarta - Bank Indonesia (BI) akan menggelar Rapat Dewan Gubernur (RDG) Kamis besok. Rapat yang seharusnya digelar 12 September 2013 dipercepat jadi 29 Agustus 2013 besok.

Gubernur BI Agus Martowardojo menampik RDG tersebut dilakukan secara mendadak dan tiba-tiba. Menurutnya, setiap pekan BI selalu melakukan RDG hanya saja tidak membahas secara keseluruhan seperti rapat bulanan.

"Tidak (genting), saya jelaskan bahwa BI itu setiap minggu adakan RDG dan setiap bulan menyelenggarakan RDG yang sekarang akan dilaksanakan. Kalau RDG bulanan itu dilakukan kajian secara lengkap, semua aspek ekonomi dunia, nasional, maupun moneter. Pada saat RDG mingguan itu kajiannya tidak sedalam dan seluas bulanan," kata Agus di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Ia menambahkan, rapat tersebut dipercepat karena BI melihat perkembangan ekonomi dunia sedang bergerak dengan cepat. Rapat mingguan BI besok akan menjadi persiapan sebelum rapat bulanan selanjutnya.

"Kita sambut baik pemerintah mengeluarkan 4 kebijakan besar untuk tanggulangi transaksi berjalan defisit, tanggulangi inflasi, investasi berkesinambungan dan pertumbuhan ekonomi lebih baik," jelasnya.

"Kami yakin bahwa ekonomi kita perlu diwaspadai tetapi kita tidak dalam keadaan yang buruk apalagi krisis, tidak. Kami ingin sampaikan BI selalu ada di pasar dan mengamati," ujar Agus.

No comments:

Post a Comment